Jumat, 13 Juni 2008

Tips Mempercepat Komputer

Tips Dan Trik Mempercepat Kinerja Komputer

1. Membersihkan Icon Yang Tidak Terlalu Penting

Sebenarnya, untuk masuk ke Windows sejak komputer dihidupkan hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 1 menit. Namun, terkadang hal tersebut terasa sangat lama dan membosankan. Lantas, bagimana solusinya? Untuk mempercepat waktu loading dan masuk Windows ada beberapa cara yang djlakukan. Misalnya saja, mengurangi jumlah icon di desktop, tidak menggunakan wallpaper yang terlalu memakan banyak memory.

  1. 2. Lakukan Defragmentasi

Manfaatkan fungsi [Disk Defragmenter] secara berkala agar file, dokumen, dan system komputer tertata rapi shingga memudahkan krtika mengaksesnya. Caranya, klik [Start]>[All Programs]>[Acessories]>[System Tools]>[Disk Defragmenter].pilih drive yang akan didefragmentasi>kljk kanan drive tersebut>pilih[Properties]>pilih tabs[Tools]>kik tombol[Defrag Now…]>klik tombol[Defragment].

  1. 3. Menonaktifkan Start-Up Program tdk Penting

Langkah lain yang prlu dilakukan adalah me-romove program yang tidak dibutuhkan untuk di-load scr otomatis ketika memulai Windows. Caranya, hapus semua isi folder[Startup].

Kemudian, pilih atau kilk tombol [Start]>pilih[Run]>ketikan[msconfig]>lalu pilh[OK].Selanjutnya, pilh tabs[Startup].Dari sini, kemudian pilih program aplikasi yang tidak perlu dijalankan scr otomatis akan merasakan perbedaannya, Loading Windows akan teasza lebih cepat dari sebelumnya.

  1. 4. File and Transfer Setting Wizard

File and Transfer Setting Wizard berfungsi untuk memudahkan pemindahan file dan setting ke komputer. Caranya klik [Start]>[all Progams]>accessories].System Tools]>pilh {FDile and Transfer Setting Wizard].

  1. 5. Menghilangkan Visual Efek

Risiko yang diterima agar kecepatan computer bertambah adalah menghilangkan visual efek yang terlalu memakan banyak memory, sperti animasi/tampilan tajam dengan resolusi tinggi. Untuk mengatur visual efek, buka[Control Panel]>klik ganda[System]>pilih tabs[Addvanced]>klik[Sttings]pada bagian [Preformance]>beri tanda centang pada pilihan[Adjust for the best performance].

  1. 6. Mengatur Boot Sequence

Untuk mengurangi waktu booting yang terasa lama sebaiknya BIOS diatur agar proses booting(booting sequence)dimulai dari harddisk. Caranya, ketika menyalakan komputer atau pada saat komputer di-restart, tekan tombol [F2/Delete]>setelah dijendela BIOS, pilih menu[BIOS Features Setup]>tekan [Enter]>pilih [Boot Sequence]>tekan [Page Down/Page Up]sampai bot sequence menjadi[C only]>tekan [Esc]untuk keluar menu> pilih menu [Save and Exit Setup]>tekan [Enter]>tekan huruf [Y] ketika muncul pilihan [Save to CMOS Exit]>tekan [Enter].

  1. 7. Mempercepat Tampilan Start Menu

Untuk mempercept tampilan [Start Menu], buka [Registry Edtor] dengan mengetikan [regedit] pada kotak dialog[Run], masuk dalam derekori [HKEY_CURRENT_USER]>[Control Panel] > [Destop]>klik ganda [MenuShowDelay]> ganti nilai value data yang ada, menjadi [0]>restart komputer.

Tidak ada komentar: